Merti Dusun, Prosesi Bentuk Rasa Syukur Warga Dusun Mangunan Kepada Allah SWT

Administrator 29 Juli 2019 09:03:41 WIB

MANGUNAN. Merti dusun dan kirab budaya di Dusun Mangunan Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul, Minggu (28/7) tidak sekadar menampilkan potensi wilayah. Dari kegiatan tersebut diharapkan mampu memupuk jiwa nasionalisme masyarakat. Mereka masih memegang teguh, menyatunya warga dalam melesatarikan budaya dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan.      

"Merti dusun dan kirab budaya ini merupakan salah satu kekuatan kami membawa Mangunan menjadi lebih baik lagi disemua aspek," ujar Lurah Desa Mangunan Dlingo Bantul, H Jiyono SSos,  Minggu (28/7). Dalam acara itu juga dihadiri Bupati Bantul, Drs H Suharsono, Camat Dlingo Deni Ngajis Hartono, SSTP, MPA, Kapolsek Dlingo  Iptu Irwan SIK, Komandan Koramil 11 Dlingo, Kapten (Czi) Pangestu.  

Jiyono mengungkapkan,  dalam kegiatan itu, warga 8 RT di Mangunan ikut kirab budaya.  Bersatunya warga Mangunan dalam kegiatan tersebut menjadi bukti, bahwa rakyat Mangunan punya semangat membangun daerah. Salah satu  esensi dari merti dusun itu ialah, wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan kenikmatan. "Warga di Dlingo mayoritas petani, artinya kehidupannya ditopang dengan alam. Karena hasil melimpah itulah diadakan merti dusun," ujar Jiyono. Kirab dimulai dari Balai Desa Mangunan Dlingo menuju Sendang Mangunan.

Dukuh Mangunan Suyadi mengatakan, jika bregada paling depan pemudi pembawa kendi berisi delapan sumber mata air. "Air sebagai sumber kehidupan itu berasal dari Sendang  Mangunan, Sendang Banyuurip, Sendang Bengkung,  Sendang Pekik, Sendang Kota Gede, Sendang Pajangan serta air Banyu zamzam mekah. Makna dari dikumpulkannya air itu supaya masyarakat semakin makmur," ujar Suyadi.

Rangkaian acara Merti Dusun dimulai pada hari jumat (26/7/2019). Diawali dengan gelaran pengajian akbar bersama KH. Mujiharjo dari Sleman Yogyakarta. Selanjutnya kirab budaya (28/7) dan terakhir pagelaran wayang kulit bersama Ki Seno Nugroho pada  hari selasa malam (30/7).(sumber krjogja.com)

Komentar atas Merti Dusun, Prosesi Bentuk Rasa Syukur Warga Dusun Mangunan Kepada Allah SWT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License