Wilayah Kalurahan

Administrator 29 Juli 2013 17:05:37 WIB

Kalurahan Mangunan adalah  bagian wilayah Kapanewon Dlingo Kabupaten Bantul Propinsi daerah istimewa Yogyakarta dengan bentang alam yang di dominasi perbukitan dan memiliki kondisi geografis unik yang sebagian wilayahnya di dominasi bukit kapur yang berkontur curam sebagai hasil seduksi bawah laut yang terangkat keatas membentuk landscape yang cukup indah. Terletak pada ketinggian 250 – 350 mdpl, suhu rata rata di Mangunan 25 – 30℃.

Dengan luas wilayah 952,3715 Ha dan jumlah penduduk sebesar 4.890 Jiwa, Kalurahan Mangunan terdiri atas 6 padukuhan dan terbagi 47 RT, yakni Cempluk ( 9 RT ), Mangunan ( 8 RT ), Sukorame ( 13 RT ), Kanigoro ( 7 RT ), Lemahbang ( 4 RT ) dan Kediwung ( 6 RT ), dengan Batasan wilayah sebagai berikut :

            Sebelah Utara               : Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri

            Sebelah Timur              : Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo

            Sebelah Selatan            : Kalurahan Sriharjo, Kapanewon Imogiri

            Sebelah Barat               : Kalurahan Girirejo, Kapanewon Imogiri

Sebagai desa wisata, salah satu kegiatan pembangunan Kalurahan Mangunan melalui pengembangan Desa wisata dimulai sejak tahun 2016 dan mangunan sebagai Desa wisata telah di kukuhkan melalui Surat Keputusan Bupati Nomor 240 tahun 2016 tentang Penggolongan Klasifikasi Desa Wisata di Kabupaten Bantul dengan kategori Desa Wisata Berkembang. Surat keputusan tersebut menjadi modal awal dalam mengembangan Kalurahan Mangunan sebagai Desa Wisata Maju dan pada akhirnya mampu mewujudkan Kalurahan Mangunan sebagai Desa Mandiri Berbudaya.

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License