PAWIYATAN PRANATACARA

Administrator 11 Juli 2024 10:04:25 WIB

AdminSID,Mangunan – Kalurahan Mangunan sebagai salah satu dari 10 Rintisan Kalurahan Budaya mengadakan kegiatan Pawiyatan Pranatacara. Kegiatan ini diselenggaran oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Paguyuban Pranatacara Yogyakarta ( PPY ) menggunakan Dana Keistimewaan DIY.

 

Pawiyatan Pranatacara di Kalurahan Mangunan diadakan dari tanggal 10 – 15 Juli 2024 bertempat di Pendopo Balai Kalurahan Mangunan. Kegiatan ini di ikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari perwakilan 6 Pedukuhan dan Pamong. Harapannya para peserta terlatih menjadi pranatacara jawa di lingkungan masing masing.

 

Dalam sambutanya ketika membuka kegiatan Pawiyatan Pranatacara di Kalurahan Wijirejo Pandak Bantul ( 8/7/2024) Kepala Dinas Kebudayaan ( Kundha Kabudayan ) Bantul Yanatun Yunadiana, S.Si, M.Si menyampaikan "Hal ini karena keprihatinan kita, dengan semakin langkanya pranatacara di masyarakat, terutama pranatacara dari generasi muda,"

  

"Dengan adanya pawiyatan atau pelatihan ini diharapkan peserta juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, bersikap, berpakaian dan berwawasan sebagai seorang pranatacara," paparnya.

 

Disamping itu, pawiyatan ini sebagai pendukung peningkatan status Desa Rintisan Budaya menjadi Desa Budaya, karena bahasa merupakan salah satu objek kemajuan kebudayaan yang menjadi kriteria penilaian.

 

Sementara materi pawiyatan pranatacara Dinas Kebudayaan Bantul ini diantaranya, sangune pranatacara, tata busana , ngadi busana, upacara adat penganten, pamedhat sabda, pranatacara resmi, pranatacara umum dan sajen.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License