KUNJUNGAN KEMENTERIAN PPN/BAPPENAS DAN PANIRADYA

Administrator 23 Juni 2023 03:38:58 WIB

AdminSIDMangunan, Pada hari Kamis tanggal 22 Juni 2023 Kalurahan Mangunan menerima kujungan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembanguan Nasional dari direktorat Pengentasan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. kunjungan ini di fasilitasi oleh Paniradya Keistimewaan Yogyakarta Bidang Perencanaan dan Pengendalian urusan Keistimewaan. 

Kunjungan diterima oleh Lurah Mangunan, Carik, Ulu - ulu dan BUMKal Kalurahan Mangunan. Dina Indriana, S.Ant, M.Sp selaku Kasubid Pengendalian Urusan Keistimewaan Paniradya Keistimewan Yogyakakarta dalam sambutanya menyampaikan, " maksud dan tujuan kunjungan ini adalah Bappenas menginginkan dialog dengan beberapa desa di Yogyakarta untuk melakukan study dan menggali informasi khususnya tentang pelaksanaan kegiataan yang mempunyai tujuan pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. adapaun hasil sudy tersebuat sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan RJPN tahun 2025 - 2045 dalam mewujudkan visi misi Presiden Republik Indonesia 2045. adapun alasan Paniradya Keistimewaan merekomendasikan Kalurahan Mangunan sebagai salah satu desa yang di kunjungi karena Kalurahan Mangunan dinilai mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan melalui kegiatan kegiatan pengembangan pariwisata yang salah satunya melalui Dana Keistimewaan Yogyakarta".

untuk selanjutnya kegiatan pun dilanjutkan dengan dialog dan berbagai penggalian informasi oleh Bappenas. salah satunya tentang kebijakan pemerintah Kalurahan Mangunan dalam pendampingan masyarakat rentan  miskin dan disabilitas, ada juga tentang program adaptif dalam perekonomian untuk bertahan ketika terjadi dinamika musibah baik dari alam maupun non alam seperti wabah Pandemi beberapa waktu lalu. dari pihak Kalurahan Mangunan juga memberi masukan tentang pentingnya indikator kemiskinan yang disesuaikan denga kearifal lokal masing masing daerah di indonesia agar program program pengentasan kemiskinan dapat lebih tepat sasaran. pentingnya sartu data nasional dan sinkronisasi programa antar kementerian dan lembaga biar tidak terjadi tumpang tindih kebijakan.

setelah kegiatan dialog, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa lokasi desa wisata dan objek daya tarik wisata di Mangunan, khususnya yang di suport pengembanganya melalui Dana Keistimewaan Yogyakarta. 

Komentar atas KUNJUNGAN KEMENTERIAN PPN/BAPPENAS DAN PANIRADYA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License