PENYALURAN BLT DANA DESA TAHUN 2022

Administrator 17 Februari 2022 09:30:23 WIB

MANGUNAN, Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2022, bahwa Dana Desa ( DD ) Tahun 2022 wajib di gunakan untuk program perlindungan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) yang besarannya paling sedikit 40% dari total anggaran yang ada. BLT Dana Desa di berikan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin yang belum tersentuh bantuan perlindungan social apapun dari pemerintah baik PKH, BPNT dan bantuan lainnya.

Pemerintah Kalurahan Mangunan, melalui Musyawarah Kalurahan telah menetapkan calon penerima BLT DD tahun 2022 sejumlah 117 KPM yang berasal dari 6 Pedukuhan yakni ;

  • Pedukuhan Cempluk 19 KPM
  • Pedukuhan Mangunan 18 KPM
  • Pedukuhan Sukorame 23 KPM
  • Pedukuhan Lemahbang 19 KPM
  • Pedukuhan Kanigoro 19 KPM
  • Pedukuhan Kediwung 19 KPM

Adapun besaran yang di terima setiap KPM sebesar Rp 300.000,- setiap bulan nya.  di terimakan untuk periode Januari s/d Desember 2022.

Bertempat di pendopo Kalurahan Mangunan, Penyaluran BLT DD periode Januari dan Februari di laksanakan pada tanggal 16 februari 2022. Kegiatan penyaluran BLT DD tersebut di hadiri oleh Pendamping Desa, BABINSA, BABHINKAMTIBMAS,Ketua BAMUSKAL Lurah, Carik, Para Kasi Kaur, Staf Kalurahan, dan para Dukuh. Kegiatan penyaluran BLT DD di laksanakan langsung oleh Staf Kalurahan Mangunan yang didampingi Danarta Kalurahan Mangunan Bapak Slamet Purnomo, setelah di laksanakan ceremony pembagian BLT DD oleh Lurah Mangunan Bapak Aris Purwanto, Carik Mangunan Bapak Dwi Eko Susanto, Ketua BAMUSKAL Mangunan Bapak Sanimin beserta para Kasi Kaur kalurahan Mangunan kepada perwakilan masing masing Pedukuhan.

Dalam kesempatan ini Lurah Mangunan memberi arahan agar setiap KPM dapat memanfaatkan dengan baik bantuan yang diterima, yang salah satunya membelanjakan kebutuhan pokok di warung warung sekitar tempat tinggal agar dampak ekonomi dapat di rasakan seluruh lapisan masyarakat Kalurahan Mangunan. Dalam kesempatan ini juga Carik Mangunan Bapak Dwi Eko Susanto memberikan sosialisasi agar tidak ada bantuan ganda dari Pemerintah, maka perlu dibuatlah surat pernyataan pengembalian BLT DD tahun 2022 apabila ada KPM yang juga menerima bantuan lain dari pemerintah.

Komentar atas PENYALURAN BLT DANA DESA TAHUN 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License